thumbnail

Cara Ampuh Mencegah Bahaya Internet pada Anak

Pada saat ini internet membawa sebuah paradigma baru dalam kehidupan. Hampir di segala bidang, internet menjadi sebuah kebutuhan mulai dari mengakses informasi, jual beli online hingga transaksi keuangan. Penggunanya pun tak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Internet dapat diakses kaoan saja melalui media apa saja. Perkembangan teknologi smartphone dan harga kuota internet yang semakin terjangkau membuat ineternet dapat diakses tanpa batas.

Tujuan penggunaan internet tergantung dari seseorang yang mengaksesnya. Internet menyediakan banyak konten sesuai dengan keinginan para pengunggah informasi. Konten-konten tersebut banyak yang bernilai positif bahkan ada pula yang bernilai negatif. Dua hal inilah yang menjadi kekhawatiran para orangtua jika anak mereka mengakses internet.

Melalui beberapa informasi yang viral di media sosial, ada beberapa mesi pencari yang dinilai aman jika digunakan oleh anak-anak, sebut saja kiddle.com. Sama halnya dengan situs lainnya, kiddle.com juga membutuhkan laporan dan masukkan dari penggunanya jika ada konten yang dinilai tidak pantas dikonsumsi anak. Hal tersebut akan menjadi bahan bagi pengembangan situs tersebut.

Kita patut mengapresiasi pembuat situs pencari tersebut, namun ada cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bahaya internet pada anak. Cara ampuh tersebut ialah dengan melakukan pendampingan manakala anak-anak kita melakuka akses internet. Kita bisa mengarahkan, menjelaskan tentang hal apa saja yang pantas untuk dikonsumsi anak-anak kita. Dengan pendampingan tersebut, kita dapat memberikan pendidikan dan penanaman karakter pada anak tentang penggunaan internet ini. Sadar atau tidak, kita tidak akan pernah ampu mendmapingi kehidupan mereka setiap saat. Ada kalanya mereka lepas dari pengawasan kita. Keadaan tersebut dapat dimungkinkan terjadi seorang anak mengakses internet tanpa sepengetahuan orangtua. Jika dari rumah kita sudah membekali mereka mengenai penggunaa teknologi daring ini, maka tiada lagi kekhawatiran orangtua terhadap bahaya yang mengancam kehidupan anak.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

Tentang Blog

Blog ini berusaha menyajikan informasi dan berita yang bermanfaat untuk warga RT 20 khususnya. Semoga bemanfaat